Sabtu, 17 September 2011

.SEJARAH MITSUBISHI GALANT DI INDONESIA



GALANT adalah salah satu produk dari Mitsubishi Motors. Nama Galant sendiri diambil dari bahasa Perancis yang artinya Sangat Sopan. Di Indonesia, Galant masuk secara resmi lewat PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor pada tahun 1977 sebagai sedan medium, mengincar pangsa pasar executive.

Spoiler for Galant Sigma:

Galant Sigma diluncurkan pada 1977 dengan 2 model yaitu GL & GLX. Perbedaan kedua model tersebut ada pada mesin (GL 1600cc 4 speed & GLX 2000cc 5 speed), warna interior (GL hitam, GLX 2 tone coklat tua & coklat muda), Pada GLX terdapat Tachometer & Reclining back seat (kursi belakang bisa di atur kemiringannya). Produksinya berakhir pada 1982


Spoiler for Galant Sigma:

Model kedua dari Galant Sigma dengan bentuk yang lebih aerodinamis. Dengan masa produksi dari 1982 sampai 1984. Kembali ditawarkan dengan 2 model yaitu GL & GLX. Sama seperti model sebelumnya, perbedaan utama ada pada mesin (GL 1600cc 4 speed & GLX 2000cc 5 speed) & Reclining back seat untuk GLX.
Quote:
Originally Posted by dR3 View Post
Untuk Galant Sigma (Galant generasi ke 4), di tahun 1984 KTB ngeluarin facelift untuk 2000cc..namanya berubah dari GLX menjadi "Super Touring"...versi Super Touring ini lebih lengkap dari Galant II, karena dia udah pake power window, power steering dan grillnya gede kaya mercy dan warnanya krom...selain itu, KTB juga facelift versi 1600ccnya, namanya berubah dari GL menjadi GLS..tipe GLS ini sama aja kaya GL sebelumnya, cuma grillnya gede (sama kaya super touring) tapi warnanya silver.


Spoiler for Galant II:

Galant II diproduksi mulai tahun 1984. Dengan bentuk yang lebih dinamis, kali ini hanya ditawarkan dalam satu model. Mendapat penghargaan Golden Steering Wheel di Eropa rupanya tidak di ikuti dengan angka penjualan yang bagus di Indonesia. Desain body & mesin 1800cc nya kalah bersaing dengan Honda Accord Executive kala itu.
Quote:
Originally Posted by dR3 View Post
Untuk Galant II, di 1986 KTB ngeluarin yang namanya "Galant II extra". Galant II extra ini masih 1800cc type 4G37, grillnya juga sama kaya Galant II, cuma dia udah dilengkapi power window, power steering dan central lock. Beda dari luar cuma keliatan dari velg alumunium (Galant II pake velg kaleng + dop) sama tulisan "extra" di bawah emblem "super saloon" di fender kiri kanan.


Spoiler for Eterna Super Exceed:

Dengan buruknya angka penjualan, produksi Galant II ternyata tidak dihentikan. Pada 1987, Galant II mengalami Facelift dan berganti nama, menjadi Eterna. Masih menggunakan body Galant II, Eterna hadir dengan sejumlah kelebihan. Antara lain, Mesin 2000cc 5 speed, Power steering, Power window, Central lock, Electric mirror, Reclining back seat. Namun dengan penggantian nama & semua kemewahan tersebut masih tidak bisa menolong angka penjualan yang semakin terperosok. Hanya diproduksi selama satu tahun, pada 1988 akhirnya Eterna Super Exceed stop produksi.
Quote:
Originally Posted by dR3 View Post
Eterna Super Exceed udah diproduksi dari 1987. Velgnya alumunium 14 inch, motifnya kotak2 gitu..trus ada facelift lagi di 1988, velgnya jadi krom dengan model piringan lobangnya kecil2..


Spoiler for New Eterna:

Masih menggunakan nama Eterna, pada 1988 Mitsubishi kembali meluncurkan sedan jagoannya. Bermesin 2000cc DOHC 16 valve GTI (tersedia juga versi SOHC), Mitsubishi menggebrak pasaran. Seakan bangkit dari kubur, angka penjualan naik drastis. Eterna sanggup bersaing dengan musuhnya kala itu, Accord & Corona. Dalam masa produksi 5 tahun, Eterna mengalami beberapa kali facelift, termasuk peluncuran versi transmisi otomatis pada 1991 (untuk versi DOHC) sebelum akhirnya stop produksi pada 1993.


Spoiler for Galant:

Sukses dengan penjualan Eterna, pada 1993 nama besar Galant kembali dihadirkan. Hadir dengan 2 model VR & V6. Perbedaan utama tentu pada mesinnya, V6 dengan mesin V6 & VR dengan Inline 4. pada interior, perbedaan paling kentara ada pada climate control, Digital pada V6 & manual pada VR.


Spoiler for Galant:

Pada 1998 diluncurkan New Galant. Kali ini hanya hadir dengan satu pilihan saja, V6 2500cc ECI Multi 24 Valve. Downgrade menjadi SOHC dari sebelumnya DOHC, namun dengan kompensasi volume cylinder yang lebih besar. Kembali, karena kalah bersaing akhirnya pada 2005 Galant stop produksi total. Dan model ini menjadi Galant terakhir yang diproduksi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar